Lahirnya Concept Coaching

IMG_0827.JPG
Source: Intisari Online.com

Penulis: JB Satrio Nugroho

W. Timothy Gallwey adalah orang yang berjasa membawa konsep coaching (pelatihan) keluar dari ranah olahraga. Pria kelahiran 1938 di San Fransisco, California ini menulis buku berseri The Inner Game sejak 1970. Seri bukunya meliputi The Inner Game of Tennis, The Inner of Golf, The Inner Game of Music (bersama Barry Green), Inner Skiing and The Inner Game of Work.

Kata Inner merujuk pada keadaan internal pemain, atau kalau meminjam ungkapan yang dipakai Gallwey, “Lawan di dalam kepala seseorang sendiri itu lebih dahsyat daripada lawan yang ada di seberang net itu.” Gallwey berpendapat bahwa jika seorang Coach bisa membantu seorang pemain untuk mengeluarkan atau mengurangi hambatan internal terhadap kinerja mereka, maka kemampuan alami yang tak terduga itu akan mengalir keluar tanpa memerlukan banyak masukan teknis dari coach itu.

Galley merumuskan esensi dari coaching, yaitu membuka potensi seseorang untuk memaksimalkan kinerjanya sendiri dan bukannya mengajari. Metode coaching yang diterapkan Gallwey sederhana namun komprehensif. Bisa diterapkan pada semua bidang.Metode coaching ala Gallwey ini akhirnya dipakai di dunia pengembangan sumber daya manusia, untuk membantu seseorang (atau perusahaan) mencapai prestasi. Pada tahun 1970-an, metode coaching mulai dikenalkan ke dalam dunia bisnis dan berkembang makin pesat sejak era 1990-an.

Advertisements

One thought on “Lahirnya Concept Coaching

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s