Company Gathering LP3I-Perkuat SDM Generasi Millenials di Era Industri 4.0

Jakarta, 3 Mei 2018

Dalam kesempatan acara Gathering Company LP3I, Master Coach Margetty Herwin yang diundang sebagai salah satu Nara Sumber di Acara tersebut memaparkan tentang bagaimana menghadapi Generasi Millenials di era Industri 4.0.

Sebagai pengusaha yang saat ini mengalami kondisi VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity), yaitu suatu kondisi yang sulit untuk diprediksi dan dipastikan pertumbuhan bisnis ke depannya menjadikan permasalahan tentang sumberdaya manusia menjadi hal yang sangat penting untuk segera diantisipasi.

LP3I yang memiliki program Lembaga Pendidikan Politeknik Keahlian, yang mencetak para professional di bidang middle management sangat memperhatikan sekali pengaruh Generasi Muda Millenials saat ini dalam perkembangan dunia kerja dan industri menuju masa depan.

Mari kita analisa bagaimana ciri-ciri Generasi Millenials ini:

  1. Generasi ini lebih mementingkan kondisi kekeluargaan dan kebersamaan menjadi yang paling utama dan penting.
  2. Kekuasaan dan Prestasi menjadi hal yang tidak menjadi prioritas utama dan cenderung lebih senang menjadi Self Employee untuk menghasilkan uang bagi kehidupannya.
  3. Mengutamakan penggunaan Teknologi dalam setiap tugas, pekerjaan dan aktifitas sehari-hari untuk efisien dan efektif.
  4. Generasi ini tidur dengan Handphonenya untuk selalu dapat info terbaru dari lingkungannya dan kondisi dunia.
  5. Social Media adalah andalan Generasi Millenials ini untuk bersosialisasi dan berinteraksi.
  6. Networking dan pertemanan adalah sumber daya yang paling berharga dibanding apapun.
  7. Generasi ini lebih suka belajar dan berlatih keilmuan yang sifatnya praktek dibandingkan ilmu teori.
  8. Cara belajar mereka lebih disukai yang sifatnya e-learning dengan webinar dan dapat diakses dengan mudah secara online.

Penjabaran di atas adalah sebagian keadaan dan kondisi yang umum terjadi pada generasi millenials dalam melakukan setiap aktifitasnya di jaman now.

Kalangan Industri 4.0 yang saat ini juga menggunakan teknologi digital dan online system dalam melakukan kegiatan bisnisnya memang sangat membutuhkan Generasi Millenials ini. Perkiraan sekitar 50% pegawai industri dalam 5-10 tahun ke depan akan diisi oleh Generasi Millenials.

LP3I-8

Kendala yang akan terjadi dalam 5-10 tahun ke dapan adalah pihak industri dan korporasi akan sulit untuk memiliki karyawan yang loyal bekerja untuk jangka panjang. Generasi Millenials ini cenderung berpindah pekerjaan untuk target mereka yang ingin menjadi Spesialis sebagai Self Employee dan akan lebih suka sebagai outsourcing staf.

Jadi pengembangan keahlian yang sangat dibutuhkan adalah tentang teknologi berbasis digital dan keilmuan yang sifatnya praktis dengan berfokus kepada pelatihan Pola Pikir (Thinking), Pola Diri (Being) serta Pola Kerja (Doing) yang bisa membuat Generasi Millenials ini juga punya tanggung jawab, disiplin dan profesional dalam bekerja ke depannya.

Para HRD dan Top Level Korporasi yang membutuhkan tamatan LP3I yang hadir ke Acara ini mendapatkan banyak insight untuk melihat apa yang perlu ditingkatkan bagi Generasi Millenials ke depan.

Pengembangan Generasi Millenials yang harus dilakukan adalah:

  1. Pemantapan Visi, Misi dan Impian yang Kuat untuk Masa Depan.
  2. Pemahaman Perilaku Kerja Professional dengan melibatkan mereka aktif dalam proses pengembangan dan diskusi terhadap solusi dalam pencapaian target kerja.
  3. Menselaraskan Values of Personal ke dalam Values of Company agar dapat selalu Sinergi dalam bekerja dan beraktifitas dalam perusahaan.
  4. Menggunakan Metodologi Coaching dalam Pengembangan Karyawan dan Penyelesaian setiap masalah untuk solusi yang dibutuhkan.
  5. Sistem Numerasi dan Penggajian yang menarik serta Reward & Punishment sistem yang jelas dan terus konsisten diterapkan.

Demikian penjabaran dari beberapa hal penting dalam menghadapi Generasi Millenials di Era Industri 4.0 saat ini, agar para perusahaan dapat dengan cepat mengantisipasi dan paham dengan kondisi generasi muda jaman now.

Silakan hubungi SBCF Office di 7502788 dan 75816337 untuk dapat diaturkan dengan Master Coach Margetty Herwin untuk mengetahui Metode Coaching yang tepat untuk kesuksesan bisnis Anda di Era Industri 4,o saat ini.

Great Success

Leave a comment